Cara Pemasangan Motherboard

Motherboard adalah komponen terpenting dalam sebuah komputer. Motherboard berfungsi untuk menghubungkan seluruh komponen penyusun sebuah komputer. Semua komponen komputer pasti terhubung dengan motherboard, baik langsung maupun tidak langsung. Motherboard memiliki banyak ukuran, beberapa dibuat spesifik untuk merek sistem tertentu. Kebanyakan motherboard dibuat untuk siap dipasang ke berbagai macam ukuran casing. Untuk memasang motherboard tidak bisa sembarangan, jika ada satu saja yang salah maka tidak bisa berfungsi dengan baik.

Pertama-tama, pasang power supply di casingnya. Untuk memasangnya, casingnya harus berada pada posisi rebah dan jangan pada posisi berdiri. Kita harus menyiapkan motherboard yang akan dipasang. Siapkan RAM, bersihkan dulu pelat RAM dengan penghapus jika RAM yang digunakan adalah barang bekas. Tempelkan RAM di slot motherboard, jangan ditekan langsung tapi tahan bagian bawah motherboard. Setelah itu, tekan RAM di bagian tengah tetapi tetap tahan bagian bawah motherboard. Hal itu dilakukan supaya motherboard tidak melengkung dan mengakibatkan jalur di slot RAM pada motherboard menjadi putus.

Selanjutnya, pasang processor dan kipasnya. Kita bisa menaruh processor di socket. Usahakan kipas jangan terlalu kuat merekat pada motherboard. Sebelum memasukkan motherboard ke casing, tempatkan ring baut ke lubang baut yang ada di casing. Kita bisa memberikan lem sedikit agar tidak jatuh dan mencegah ring tidak geser ketika kita menempatkan motherboard di casing. Selain itu, kita bisa juga melapisi bagian bawah motherboard dengan lapisan spons tipis. 


Gambar 1. Bagian Motherboard

Selanjutnya, masukan motherboard yang sudah terpasang RAM dan processor ke dalam casing. Tancapkan kabel PSU 24pin ke motherboard sambil menahan bagian bawah motherboard. Kemudian pasang 4pin CPU, kabel SATA hardisk, kabel PWRButton, kabel HDDLED, HDDpower led, kabel audio front, dan semua bagian frontpanel berada di satu tempat saja. Sekarang, kita bisa letakkan motherboard pada posisi baut dan kita pasang pelat belakang motherboard pada tempatnya. Jika memakai VGA, tancapkan VGA dan kita harus menahan bagian bawah motherboard agar aman.


Gambar 2. Kipas Pada Motherboard

Mengetahui cara memasang motherboard sangat penting bagi kita yang memiliki komputer. Kerusakan pada motherboard bisa saja terjadi. Jika kita tidak ingin ke tempat servis komputer, kita bisa memperbaiki sendiri motherboard tersebut. Jika kita mengetahui cara memasang motherboard, kita bisa dengan sendirinya merakit komputer sendiri. Pengetahuan tentang pemasangan motherboard sangat berguna sekali untuk menambah ilmu. 


Gambar 3. Pemasangan Motherboard

Untuk menghindari terjadinya kerusakan pada motherboard, sebaiknya kita memilih motherboard yang kompatibel dengan perangkat keras komputer lain pada spesifikasi yang direncanakan. Paling terpenting adalah melihat support dan garansi yang diberikan dari vendor sebelum kita membeli motherboard tersebut. Beberapa vendor yang diakui baik terhadap motherboard seperti Asus, Giyabyte, dan MSI.

Oleh : Jenny
Gambar:
1. https://gunpoenya.files.wordpress.com/2010/07/motherboat.jpg
2. https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhrR8BHptv7eXWP9STJmB-YhIkabNg8yaMw0AowBYElUa6TZXYDZ02406-CUw_5rlfL0fj9oR9kvl2Lde10XM13DAFPjZLO538jqkOK4s-jq8ndY4xxq1emMqDy5Gii9xiBQl0Lms2okITQ/s1600/motherboad.jpg
3. https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi-WRtDoVKPD-ydHPtXcWmVNpW37Cwr5RVKxsl3WNl6XpUekv_wYZixF5ub366p_EDMmJ6wlFKzRCphbRO-U_MWs9EJrXMjmx23XNcE8TXxPRusy4bJ4DWq7emPc6gLgxkAVx5-jeAhtJ8g/s1600/IMG-20120831-00034.jpg

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Jessica Method

Suara Rinduku

Dampak Positif dan Negatif atau Resiko yang Ditimbulkan Karena Menggunakan Jessica Method